nusakini.com--PT Pertamina berkomitmen tetap mendukung Rio Haryanto berkiprah di ajang Formula 1 (F1) pada musim depan. Namun, Badan Usaha Milik Negara ini meminta Rio mencari tim yang mengerti dan bisa memaksimalkan potensi pebalap Indonesia itu.

Hal itu ditegaskan Vice President for Corporate Communication PT. Pertamina, Wianda Pusponegoro pada konferensi pers Pertamina dan Rio Haryanto, di Bumi Serpong Damai, Tangerang, Sabtu (13/8).

"Pertamina berkomitmen penuh mendukung Rio Haryanto, seperti yang sudah kami lakukan sejak 2010. Namun, kami ingin untuk musim depan Rio bergabung dengan tim yang bisa memahami kualitas Rio. Di F1, kualitas tim sangat berpengaruh pada kualitas pebalap," kata Wianda.

Wianda mengaku telah meminta manajemen Rio mencari tim F1 secara cermat. Pertamina tak mau Rio bergabung dengan tim yang tak bisa memaksimalkan kemampuan mantan pebalap GP2 Series itu.

"Semoga Rio dipertemukan dengan tim yang paham kemampuan dan kapabilitas Rio. Kolaborasi tim yang baik dan talenta Rio tentu akan menghasilkan prestasi yang bagus," kata Wianda.

Menurut Wianda, selama menjalani 12 seri F1 bersama Manor Racing, Rio dinilai telah menunjukkan kemampuannya. Buktinya, dalam 12 sesi kualifikasi, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu lima kali mengungguli rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein. 

"Prestasi Rio sudah terlihat dalam 12 seri ini. Kalau bisa bergabung dengan tim yang baik, pasti akan didukung oleh BUMN lain atau perusahaan-perusahaan lain. Rio itu bukan hanya merepresentasikan Indonesia, tapi Asia," ujar Wianda. (b/ab)